UJI INSTRUMEN
PENELITIAN
x.1. Tujuan
Pengajaran
Materi modul ini
membahas pengujian alat atau instrument penelitian dengan tujuan agar mahasiswa dapat:
1.
Mengetahui uji validitas dan
reliabilitas kuesioner
2.
Melakukan uji validitas dan
reliabilitas kuesioner
3.
Membuat kesimpulan hasil pengujian
kata kunci: kuesioner, validitas
dan reliabilitas
x.2. Uji
Validitas dan Reliabilitas Kuesioner
Data yang akan
diolah dalam penelitian seringkali diperoleh dari responden dengan cara menyebarkan
kuesioner. Jawaban yang diperoleh dari responden selanjutnya diringkas dalam
tabel sebelum diolah dengan program aplikasi SPSS. Pengolahan data dengan SPSS
dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas jawaban responden. Kuesioner
dinyatakan valid jika pertanyaan yang dibuat mampu mengungkap sesuatu yang akan
diukur oleh kuesinoer tersebut; dan
terdapat tiga jenis validitas yaitu:
a. Face validity, merupakan kemampuan sebuah pertanyaan untuk mengukur
apa yang seharusnya diukur. Misal, pertanyaan, “Seberapa jauh Saudara terlibat dalam penggunaan obat-obat terlarang?”.
Apakah pertanyaan tersebut sudah mengukur keterlibatan responden atau tidak, dapat
melalui penilaian yang ahli dibidangnya atau orang lain.
b. Construct
validity, kemampuan pertanyaan atau
berberapa pertanyaan untuk mengukur sebuah konstruk tertentu. Misal, apakah
pertanyaan A, B dan C sudah dapat dikatakan mengukur konstruk Z? Untuk menjawab
hal tersebut pengujian dapat dilakukan dengan analisis faktor atau korelasi.
c. Criterian
validity, mengukur pendapat dari responden
atau partisipan yang berbeda. Misal, suatu pertanyaan yang sama diberikan
kepada responden yang berbeda dari kalangan yang berdomisili di kota dan di
desa atau dari responden berpengasilan tinggi dan reponden berpenghasilan
rendah.
Bagaimana
dengan reliabilitas suatu pertanyaan? Suatu pertanyaan dinyatakan reliabel jika
jawaban seorang responden terhadap pertanyaan stabil atau konsisten dari waktu
ke waktu. Misal, jika seorang responden memberi jawaban “setuju” dari suatu
pertanyaan yang diajukan pada suatu waktu. Jika beberapa saat kemudian yang
responden bersangkutan ditanya hal yang sama, seharusnya jawaban tetap
konsisten yaitu “setuju”. Pengukuran reliabilitas dapat dilakukan dalam dua
cara yaitu:
a. Repeated Measure (ukur ulang), responden mendapatkan pertanyaan yang
sama dalam waktu yang berbeda (misal, hari ini dan seminggu, sebulan atau dua
bulan lagi). Cara semacam ini untuk mengetahui konsistensi responden atau suatu
pertanyaan.
b. One Shot (diukur sekali), responden akan mendapatkan suatu
pertanyaan (hanya sekali) dan hasilnya akan dibandingkan dengan hasil
pertanyaan lain.
x.3. Studi
Kasus
Seorang
peneliti ingin mengetahui tingkat depresi pasien yang dirawat di suatu rumah
sakit. Peneliti tersebut mengukur tingkat depresi menggunakan 12 pertanyaan
terhadap 40 orang responden dengan bentuk pertanyaan dan jawaban dalam tabel
x.1. dan x.2. Saudara dapat melihat jawaban responden dalam file MODULX.SAV
yang telah disiapkan. Berdasarkan data jawaban responden, selanjutnya ke-12
pertanyaan tersebut akan diuji pertanyaan mana saja yang valid dan reliabel.
Daftar Pertanyaan
No
|
Tekanan Jiwa (Depresi)
|
Tidak Pernah
1
|
Kadang
2
|
Sering
3
|
Selalu
4
|
1
|
Apakah terpukul ketika
petugas medis memberitahu penyakit Saudara?
|
||||
2
|
Apakah Saudara merasa
cemas dan memikirkan keluarga saat diberitahu penyakitnya?
|
||||
3
|
Apakah sejak Saudara
sakit, merasa malas untuk berhubungan dengan orang lain?
|
||||
4
|
Apakah saat ini Saudara
merasa tidak berdaya?
|
||||
5
|
Apakah Saudara merasa
penyakit yang diderita tidak wajar?
|
||||
6
|
Apakah Saudara lebih
banyak berpikir negatif dari pada positif tentang penyakit yang diderita?
|
||||
7
|
Apakah Saudara sedih dan
menangis memikirkan penyakit yang diderita?
|
||||
8
|
Apakah Saudara merasa
kurang bahagia karena penyakit yang diderita?
|
||||
9
|
Apakah Saudara merasa
malas untuk menjalankan aktivitas sehari-hari?
|
||||
10
|
Apakah Saudara merasa
mendapatkan dukungan mental dari keluarga atas penyakit yang diderita?
|
||||
11
|
Apakah Saudara pernah
merasa berputus asa untuk berobat secara medis?
|
||||
12
|
Apakah Saudara berpikir
untuk berobat ke pengobatan alternatif?
|
Tabel
x.1. Daftar pertanyaan untuk mengetahui tingkat depresi pasien
Jawaban Responden
No
|
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
P5
|
P6
|
P7
|
P8
|
P9
|
P10
|
P11
|
P12
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
3
|
2
|
1
|
1
|
3
|
6
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
7
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
8
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
9
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
10
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
11
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
12
|
4
|
4
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
2
|
3
|
2
|
4
|
2
|
13
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
15
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
16
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
17
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
18
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
19
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
20
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
21
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
22
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
23
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
24
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
3
|
3
|
3
|
1
|
25
|
1
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
26
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
27
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
28
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
29
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
30
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
31
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
2
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
32
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
33
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
34
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
35
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
36
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
37
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
38
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
39
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
4
|
40
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Tabel
x.2. Jawaban responden yang akan diolah dengan program SPSS
x.4. Penyelesaian
Studi Kasus
Prosedur
penyelesaian studi kasus dengan asumsi program aplikasi SPSS dan data
MODULX.SAV telah aktif adalah sebagai berikut:
1. Pilih dan klik menu Analyze > Scale
> Reliability Analysis, jendela Reliability Analisis yang berisi
variabel pertanyaan 1 s.d. 12 ditampilkan.
2. Sorot atau blok seluruh variabel pertanyaan dengan
blok Pertanyaan 1 [P1] tekan tombol Shift dan blok atau sorot Pertanyaan 12
[P12]. Tekan tombol panah yang ditengah sehingga semua variabel berpindah ke
bagian Items: seperti diperlihatkan dalam gambar x.1. berikut ini,
Gambar x.1. Tampilan jendela Reliability Analysis
3. Klik tombol Statistics, jendela Reliability Analysis:
Statistics ditampilkan, klik kotak periksa (hingga ditandai) Item, Scale,
Scale if item deleted seperti diperlihatkan dalam gambar x.2. berikut
ini,
Gambar x.2. Tampilan jendela Reliability Analysis:
Statistics
4. Klik tombol perintah Continue, jendela Reliability
Analysis ditampilkan kembali, klik tombol perintah OK. Hasil keluaran olah data
dapat dilihat dalam gambar x.3. berikut ini,
Gambar x.3. Hasil olah data analisis realibilitas
Interpretasi
hasil: ouput atau keluaran
menunjukkan hasil statistik deskriptif masing-masing variabel yang ditunjukkan informasi
tentang mean, variance dan std. deviation. Coba Saudara lihat keluaran dengan
judul Item-Total Statistics, bagian ini memperlihatkan hasil dari proses validitas
kuesioner. Bagaimana cara membaca hasil, perhatikan penjelasan berikut ini:
§ Uji Validitas
Valid tidaknya suatu pertanyaan dalam kuesioner
dilakukan dengan membandingkan nilai r tabel dan nilai r hitung. Nilai r hitung
adalah hasil olah data pada keluaran dengan dengan judul Item-Total Statistics.
Sedangan nilai r tabel dapat dilihat di lampiran, dalam kasus ini dengan jumlah
responden 40 dan α = 5%, nilai r tabel adalah 0,312. Ketentuan valid
tidaknya suatu pertanyaan mengacu pada ketentuan sebagai berikut:
ü jika r hitung > r tabel pertanyaan dinyatakan valid
ü jika r hitung < r tabel pertanyaan dinyatakan tidak valid
Kesimpulan. Coba perhatikan gambar dalam tabel Item-Total
Statistics yang diberi lingkaran dalam kolom dengan judul Corrected Item-Total
Correlation. Dua dari dua belas pertanyaan nilainya kurang dari 0,312 (r tabel)
yaitu Pertanyaan 4 dengan nilai 0,155 dan Pertanyaan 9 dengan nilai 0,65.
Artinya, kedua pertanyaan tersebut tidak valid sedangkan 10 pertanyaan lainnya
dinyatakan valid.
Langkah selanjutnya bagaimana dengan pertanyaan yang
tidak valid dan apa yang harus dilakukan? Saudara harus melalukan analisis lagi
dengan mengeluarkan Pertanyaan 4 [P4] dan Pertanyaan 9 [P9] dengan prosedur
yang sama seperti telah dijelaskan di atas. Caranya, kedua pertanyaan tersebut
dikembalikan ke bagian sebelah kiri dalam jendela Reliability Analysis. Lakukan
prosedur ke-1 dan pada saat prosedur ke-2 tampilan jendela seperti
diperlihatkan dalam gambar x.4. berikut ini. Sorot kedua pertanyaan tersebut
dan klik tombol ke arah kiri yang berada di tengah jendela.
Gambar x.4. Mengeluarkan pertanyaan yang tidak valid
Langkah berikutnya lakukan prosedur ke-3 dan ke-4
sehingga hasil olah data dapat dilihat seperti dalam gambar x.5. (ditampilkan
sebagian) berikut ini,
Gambar x.6. Hasil olah data setelah mengeluarkan
pertanyaan yang tidak valid
Setelah dilakukan olah data ulang dengan mengeluarkan
pertanyaan yang tidak valid, terlihat ke-10 pertanyaan memiliki nilai r hasil
yang lebih besar dari nilai r tabel. Dengan kata lain semua pertanyaan memiliki
nilai r hasil di atas 0,312 (r tabel), sehingga dapat disimpulkan kesepuluh
pertanyaan tersebut valid.
§ Uji Reliabilitas
Proses olah data di atas telah menghasilkan kesimpulan
bahwa kesepuluh pertanyaan tersebut valid, analisis selanjutnya adalah uji reliabilitas.
Untuk mengetahui reliabilitas
pertanyaan, adalah dengan melihat nilai Alpha (lihat pada kolom Conbach’s Alpha
dalam tabel Reliability Statistics, dalam kasus ini 0,945. Nilai ini
dibandingkan dengan nilai yang dipersyaratkan atau konstanta yaitu 0,6.
Kesimpuan diambil dengan mengacu pada ketentuan sebagai berikut:
ü jika nilai Alpha >
nilai konstanta pertanyaan
dinyatakan reliabel
ü jika nilai Alpha <
nilai konstanta pertanyaan
dinyatakan tidak reliabel
Kesimpulan: berdasarkan hasil uji, nilai Alpha sebesar
0,96 sedangkan nilai konstanta 0,6 sehingga kesepuluh pertanyaan di atas
dinyatakan reliabel■
leK"��r i �O �Q pt;margin-right:0cm;
margin-bottom:2.0pt;margin-left:0cm;text-align:center'>1
92
2
2
23
1
2
58
2
1
93
2
2
24
1
1
59
2
1
94
2
1
25
1
1
60
2
1
95
2
1
26
1
1
61
2
1
96
2
2
27
1
2
62
2
1
97
2
1
28
1
2
63
2
2
98
2
1
29
1
1
64
2
2
99
2
2
30
2
1
65
2
2
100
2
1
31
2
1
66
2
2
32
2
2
67
2
2
33
2
1
68
2
1
34
2
1
69
2
1
35
2
1
70
2
2
Tabel 13.3.
Data sampel dengan insidensi depresi
Untuk membuat tabel data tersebut, Saudara cukup
membuat dua variabel dengan nama Sampel dan Depresi. Variabel Sampel diisi dengan
kode 1 (Sampel 1) atau 2 (Sampel 2), sedangkan untuk variabel Depresi diisi
dengan kode 1 (Ya) atau 2 (Tidak).
- Lakukan olah data dengan pilih dan klik menu
Analyze > Deskriptive Statistics > Crosstabs. Jendela Crosstabs
(tabel silang) ditampilkan.
§ Isi bagian Row(s) dengan variabel Sampel dan Column(s)
dengan variabel Depresi dengan klik tanda >.
§ Klik tombol pilihan Statistics, jendela Crosstabs
Statistics ditampilkan, klik hingga kotak periksa Chi-Square tandai (jika
belum).
§ Klik tombol Continue, jendela Crosstabs ditampilkan
kembali
§ Klik tombol Cells, pada bagian Count pastikan kotak
periksa Observed ditandai
§ Klik tombol Continue, jendela Crosstabs ditampilkan
kembali, akhiri klik tombol OK.
Hasil olah data dapat dilihat melalui gambar berikut
ini.
Gambar 13.7. Ringkasan hasil proses data
Analisis: variabel yang diolah adalah Sampel dan Depresi
dengan jumlah sampel valid (sah) sebanyak 100 (kolom Valid bagian N), kolom
Percent menunjukkan persentase data yang diolah. Bagian Missing menunjukkan data
yang cacat atau rusak. Kolom Total menunjukkan jumlah keseluruhan sampel baik
yang valid maupun yang rusak.
Gambar 13.8. Jumlah obeservasi dalam tabel silang 2 x 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar