Selasa, 03 September 2013

EMPATI PADA IBU HAMIL - smester 1


EMPATI PADA IBU HAMIL

MAKALAH


  NAMA                     : M.TARMIZI TAHIR
  NIM                          : 120210039
  JURUSAN               : S1 KEPERAWATAN


SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN
STIKES BANTEN
Serpong-Tangerang Selatan
2012/2013
EMPATI PADA IBU HAMIL

Pengertian Empati Pada Ibu Hamil
Dukungan psikologis dan perhatian terhadap ibu hamil akan memberi dampak terhadap pola kehidupan sosial (keharmonisan, penghargaan, pengorbanan, kasih sayang dan empati) pada wanita hamil dan aspek teknis, dapat mengurangi aspek sumber daya (tenaga ahli, cara penyelesaian persalinan normal, akselerasi, kendali nyeri dan asuhan kebidanan). Hal-hal tersebut dapat dilakukan oleh suami bersama keluarga ibu atau bidan sebagai tenaga kesehatan melalui promosi kesehatan.

CONTOH KASUSNYA
A.    Kesulitan Yang Di Hadapi Ibu Hamil

1.      Sulit Bernapas
Wanita hamil perlu tahu, kemampuan mereka bernapas dipengaruhi oleh peningkatan hormon kehamilan. Peningkatan hormon inilah yang membuat wanita hamil harus bernapas lebih dalam. Para calon ibu ini pun akan merasa sulit untuk mendapatkan udara segar. Makanya bernapas pun rasanya jadi semakin sulit saat usia kehamilan bertambah besar.

2.      Sulit Buang Air Besar
Peningkatan hormon progesteron membuat wanita hamil jadi sulit buang air besar. Peningkatan hormon tersebut mengakibatkan gerakan organ pencernaan menjadi lambat karena progesteron sebenarnya berperan dalam proes relaksasi kerja otot halus. Peningkatan progesteron juga membuat gerakan peristaltik usus melambat sehingga daya dorong dan kontraksi usus pada sisa makanan melemah. Semakin membesarnya perut wanita hamil juga menyebabkan rektum (bagian terbawah usus besar) tertekan. Penekanan ini membuat jalannya feses tidak lancar.

3.       Sering­_Buang_Air_Kecil
Hal pertama ini biasanya terjadi saat kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Saat itu, letak janin yang mulai membesar dan mendesak kandung kemih. Tekanan pada rahim terhadap kandung kemih ini membuat kemampuan kandung kemih semakin terbatas untuk diisi air seni. Frekuensi buang air kecil bisa semakin sering di malam hari jika bayi Anda juga aktif di waktu tersebut.

4.      Sakit Pinggang
Ada beberapa hal yang menyebabkan wanita hamil sakit pinggang. Pertama karena bertambahnya beban yang harus dibawa sehingga meningkatkan stres pada sendi. Rahim yang tumbuh bisa juga bisa menekan saraf. Kedua, perubahan hormonal membuat sendi dan ligamen yang menempel tulang panggul ke tulang belakang menjadi longgar, sehingga timbul rasa sakit. Ketiga, posisi pinggul yang bengkok seperti duduk di kursi dan membungkuk ke depan saat bekerja di meja bisa membuat nyeri punggung semakin memburuk.

5.       Kram
Kram terjadi karena kelelahan otot di daerah kaki yang harus menahan berat tubuh. Saat tubuh wanita hamil semakin bertambah beratnya, otot kaki pun akan semakin lelah. Selain itu, kram juga bisa timbul karena aliran darah dari kaki yang tidak lancar akibat pembesaran rahim.

6.      Payudara Membesar Dan Sensitif
Tanda-tanda kehamilan yang pertama bagi seorang wanita adalah payudara akan terlihat membesar yang disebabkan produksi hormon esterogen dan progesteron meningkat. Kondisi payudara juga terasa semakin lembut dan juga timbul rasa sensitif yang lebih tinggi dari biasanya sehingga akan terasa sakit atau nyeri bila dipegang. Puting susu ikut membesar dan warnanya makin gelap dan terkadang akan terasa gatal. Pembuluh Vena juga lebih terlihat akibat adanya penegangan pada payudara dan adanya aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen) dimana hormon tersebut diproduksi dalam mempersiapkan ASI oleh seorang wanita yang sedang hamil.

7.      Mual dan Muntah
Kebanyakan wanita yang mengalami kehamilan akan merasa mual dan juga ingin muntah yang di picu peningkatan hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba pada aliran darah dan juga pada saluran air kencing. Peningkatan hormon tersebut dapat mengakibatkan efek perih pada lapisan perut yang menimbulkan rasa mual, namun rasa mual ini akan hilang saat kehamilan memasuki trimester kedua.

8.      Pusing - sakit kepala
Wanita hamil akan sering merasakan pusing dan juga sakit kepala yang diakibatkan oleh faktor fisik yaitu kelelahan, lapar, tekanan darah. Dan bisa juga diakibat secara emosional karena perasaan tegang dan depresi.


SIKAP TERHADAP IBU HAMIL
1.      Asuhan kehamilan menghargai hak ibu hamil untuk berpartisipasi dan memperoleh pengetahuan/pengalaman yang berhubungan dengan kehamilannya.
2.      Tenaga Profesiona latau Penolong yang  Membina hubungan saling terampil.
3.        Membantu setiap wanita hamil dan keluarga untuk percaya.
4.      Membantu setiap wanita hamil dan keluarga untuk rencana persalinan.
5.      Melakukan penapisan untuk kondisi persiapan menghadapi komplikasi.
6.        Memberikan konseling pada ibu sesuai mengharuskan melahirkan di RS. usia kehamilannya, mengenai nutrisi, istirahat, tanda- tanda bahaya, KB, pemberian ASI, ketidaknyamanan yang normal selama kehamilan dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar